17 Fakta dari Mitos Mitos Seputar Menstruasi Wanita


17 Fakta dari Mitos Mitos Seputar Menstruasi Wanita. Sahabat wanita anehdankonyol.com berbagai mitos dan anggapan seputar masalah Menstruasi pada seorang wanita dapat saja menyebabkan sikap Antipati, defensif pada sikap-sikap tertentu.

Permasalahan ini sering muncul dan selalu berkembang akibat kurang tepat dan lengkapnya penyampaian informasi, bahkan terkadang berlebihan mengenai Menstruasi yang dialami setiap wanita. Mau tahu fakta sesungguhnya mengenai Tamu Bulanan Wanita ini ?

Inilah 17 Fakta dari Mitos Mitos Seputar Menstruasi  Wanita yang berkembang di masyarakat :

1. Minum Soda Memperlancar Menstruasi 
Sejauh ini, tidak ada tinjauan medis yang memperlihatkan hubungan minuman soda atau soft drink yang dapat memperlancar dan mempercepat selesainya menstruasi. 

2. Jangan Minum Es Saat menstruasi 
Minum air dingin atau es saat menstruasi memang bisa membuat perut kembung, sebagai akibat naiknya asam lambung. Tetapi hal ini dapat terjadi pada siapa saja, tidak hanya pada wanita yang sedang menstruasi. Air dingin tidak memberi efek apapun pada saat menstruasi. Walaupun memang, minum air hangat bisa sedikit meredakan kram atau nyeri menstruasi. 

3. Tidak Boleh Berenang Saat Menstruasi 
Berenang saat menstruasi boleh saja, Anda bisa memakai tampon sebagai pengganti pembalut. Tampon akan menyerap cairan menstruasi tanpa dan tetap membuat nyaman walaupun sedang berenang. Tetapi jika perut masih terasa kram, sebaiknya hindari berenang. 

4. Berhubungan Intim Saat Menstruasi Tidak Akan Hamil 
Mitos ini sama sekali tidak benar, seorang wanita tetap dapat hamil walaupun dia berhubungan intim saat menstruasi. Meskipun kemungkinan hamil memang paling besar saat masa ovulasi, saat menstruasi pun seorang wanita tetap bisa mengalami pembuahan dan hamil. 

5. Pembalut Itu Berbahaya 
Pembalut adalah benda yang dapat menjaga wanita tetap nyaman saat menstruasi. Cairan yang ditampung oleh pembalut akan membuat aktivitas tidak terganggu. Hanya saja, beberapa wanita bisa mengalami iritasi. Sebaiknya pembalut dipakai maksimal 4 jam saja. 

6. Lemas dan Tidak Boleh Melakukan Pekerjaan Berat 
Pada saat menstruasi, seorang wanita sering mengalami nyeri sehingga terlihat lemas. Padahal sebenarnya tidak selalu demikian. Darah yang dikeluarkan tubuh saat menstruasi hanya sekitar 35ml/hari. Selama kondisi tubuh fit dan tidak mengalami kejang atau nyeri menstruasi, setiap wanita bisa mengerjakan apapun, seperti hari-hari di luar menstruasi. 

7. Orang Lain Tahu Anda Sedang Menstruasi 
Ini adalah mitos yang aneh, orang lain akan tahu jika Anda memberi tahu mereka. Atau.. jika terjadi 'tragedi' tembus di rok atau celana yang Anda pakai. Selain itu, orang lain tidak akan tahu. Mungkin mereka hanya bisa menebak-nebak dari emosi Anda, tetapi tidak tahu pasti apakah Anda sedang menstruasi atau tidak. 

8. Saat Menyusui, Anda Tidak Akan Bisa Hamil 
Saat menyusui, beberapa wanita akan mengalami perubahan siklus menstruasi, kadang tidak datang setiap bulan. Hal ini wajar karena masih terjadi perubahan hormon pasca melahirkan. Tapi.. bukan berarti Anda tidak bisa hamil ketika dalam masa menyusui. Masa ovulasi bisa datang kapan saja tanpa Anda sadari. 

9. Mendekati Menopause, Normal Jika Menstruasi Sangat Banyak 
Beberapa wanita yang hampir memasuki masa menopause sering membiarkan menstruasi yang berlangsung lama dan sangat banyak. Mereka sering berpikir "Ah.. ini mungkin penghabisan," padahal hal tersebut bisa menjadi indikasi adanya masalah pada tubuh Anda. Jangan remehkan hal ini, dan konsultasikan pada dokter.  

10. Wanita Yang Sedang Menstruasi Sering Diserang Hiu Atau Beruang 
Mitos ini banyak berkembang di Barat, wanita yang sedang menstruasi dinilai lebih mudah diserang hiu atau beruang. Hal tersebut disebabkan karena aroma darah menstruasi lebih mudah diendus dua hewan buas tersebut. Padahal, tidak ada hubungannya. Semua orang berpotensi diserang hiu atau beruang, saat sedang menstruasi ataupun tidak.

11.Menstruasi membuat tubuh menjadi lemah. 
FAKTA: Hasil penelitian menyebutkan bahwa darah menstruasi yang keluar banyaknya kira-kira hanya 50-150 mililiter atau sekitar empat sampai enam sendok saja. Jadi tidak benar kalau tubuh akan menjadi lemas hanya karena Anda sedang menstruasi. 

12.Sedang menstruasi = sedang sakit 
FAKTA: Justru sebaliknya, menstruasi adalah proses alami yang dialami oleh setiap wanita produktif. Menstruasi berarti wanita tersebut sehat dan sistem reproduksinya bekerja dengan normal sebagaimana mestinya. 

13.Ingin menstruasi lancar? Sering-seringlah minum soft drink 
FAKTA: Banyak yang percaya selain dapat memperlancar keluarnya darah, minum soft drink juga dapat mengurangi rasa sakit perut. Sebenarnya belum ada penelitian khusus mengenai hal ini. Sakit tidaknya perut saat menstruasi atau lancar tidaknya darah menstruasi yang keluar semua itu dipengaruhi oleh hormon serta faktor psikis seseorang. 

14.Memakai pembalut saat menstruasi bisa menyebabkan kemandulan. 
FAKTA: Secara medis justru pembalut merupakan metode perawatan selama masa menstruasi agar tetap bersih dan tidak lembab. Pada dasarnya semua pembalut itu sehat, tetapi sebagian perempuan ada juga yang mengalami alergi dan iritasi. 

Hal ini tergantung dari sensitivitas organ kelamin perempuan yang masing-masing orang berbeda. Disarankan agar saat menstruasi untuk sesering mungkin mengganti pembalut (idealnya setiap 4 jam) terutama ketika sedang banyak-banyaknya keluar darah haid dan setelah buang air kecil atau besar. 

15.Saat menstruasi dilarang berenang 
FAKTA: Selama memakai pembalut dan tidak merasa risih, berenang saat menstruasi boleh-boleh saja dilakukan. Dan ini sama sekali tidak berpengaruh pada kesehatan. Sebagai saran, jika perut merasa kram, barulah hentikan aktifitas berenang. 

16.Haid yang normal berlangsung seminggu 
FAKTA: Tentu saja pendapat ini salah! Setiap wanita pasti memiliki masa haid yang berbeda dan tidak selalu harus tujuh hari. Wanita yang memiliki masa haid tiga, empat atau lima hari masih dianggap normal. 

17.Jangan minum es saat menstruasi 
FAKTA: Sesungguhnya air dingin tidak memiliki efek apapun saat menstruasi. Terutama efek menghambat aliran darah. Selama tidak merasakan sakit ataupun perut kembung, minum air es sah-sah saja kok



0 Response to "17 Fakta dari Mitos Mitos Seputar Menstruasi Wanita"

ads

Post a Comment